Sabtu, 26 Oktober 2013

PREVIEW El Clasico: Barcelona - Real Madrid

El Clasico edisi ke-167 akan menjadi debut untuk Martino dan Ancelotti.


Add caption





El Clasico edisi ke-167 di La Liga bakal digelar dini hari nanti. Real Madrid yang duduk di anak tangga ketiga klasemen sementara mencoba mencuri tiga angka di Camp Nou demi menyamakan level poin dari Barcelona yang belum terkalahkan hingga jornadakesembilan.

Tapi, bukan perkara gampang buat Madrid menaklukkan Barca apalagi skuat Gerardo 'Tata' Martino bertekad menutup kegagalan meraup kemenangan pekan lalu, ketika mereka hanya mendapat hasil imbang 0-0 kontra Osasuna dan 1-1 dengan AC Milan di Liga Champions. Dengan hasil tersebut, Madrid kini hanya tertinggal tiga angka dari Barca dan bakal mengepak poin yang sama jika meraih kemenangan di Camp Nou.

Sebaliknya, Madrid dalam kepercayaan diri tinggi meski di awal musim penampilan tim Carlo Ancelotti kurang meyakinkan banyak pihak. Kemenangan 2-1 atas Juventus di Liga Champions menambah moral pemain saat menyambangi markas kebesaran The Catalans. Mereka juga dibantu rekor pertemuan tandang dengan Barcelona dengan dua kemenangan, dua imbang dan sekali kalah dalam lima partai terakhir di semua kompetisi. Bahkan, Si Putih berhasil mencetak setidaknya dua gol di masing-masing partai dalam enam kunjungan terakhir.

Tata berpeluang menurunkan kekuatan terbaik di El Clasico perdana untuk entrenador asal Argentina. Di lini belakang, hanya Jordi Alba yang masih di daftar pesakitan sementara Carles Puyol yang absen panjang sudah kembali, meski dia kemungkinan tak akan dimainkan sejak awal. Pada sesi latihan teranyar, Martino menduetkan Gerard Pique dan Javier Mascherano sebagai palang pintu, sementara Dani Alves dan Adriano melengkapi pos belakang di sisi kanan dan kiri.

Di lini tengah, trio Andres Iniesta, Sergio Busquets dan Xavi Hernandez kembali menjadi jantung permainan Blaugrana. Iniesta dan Hernandez mendapat tugas menyuplai uman-umpan cantik ke lini depan, sementara Busquets bakal menjadi orang pertama yang menjegal aliran bola dari Madrid.

Lionel Messi yang mendapat cedera dan harus menepi selama beberapa pekan bisa kembai dimainkan, dengan ditemani Neymar dan Alexis Sanchez atau Cesc Fabregas.

Di kubu Madrid, meski Carlo Ancelotti tak menyebutkan starting XI-nya saat konferensi pers, dia mengisyaratkan Gareth Bale bakal tampil sejak menit awal, walau sejauh ini belum menunjukkan kemampuan terbaiknya sejak diboyong dari Tottenham Hotspur.

Untuk meredam gencarnya serangan Blaugana, bek muda asal Prancis Raphael Varane dipastikan fit mendampingi Sergio Ramos di bek tengah. Ancelotti hanya tak bisa memainkan Xabi Alonso yang belum bugar, namun Assier Illaramendi diyakininya mampu menggantikan peran gelandang senior timnas Spanyol.

Urusan menjebol gawang Victor Valdes, Cristiano Ronaldo kembali menjadi andalan, setelah selalu mencetak gol dalam tujuh lawatan terakhir ke Camp Nou. Catatan ini bisa menutup kekurangan Karim Benzema yang masih mandul, dengan hanya mencetak dua gol dari delapan pertandingan.

"Kunci pertandingan besok adalah memiliki sikap untuk main sepakbola dan tak hanya menunggu dan bertahan. Ini waktu yang tepat untuk melakoni El Clasico karena kami telah bekerja keras dan mengalami banyak perbaikan," ucap Ancelotti.

Di kubu seberang, Martino juga antusias menyambut El Clasico pertamanya.

"Pertandingan ini lebih dari sekadar tiga poin dan dapat lebih memengaruhi psikologi - tapi ada banyak waktu untuk kedua tim memperbaiki setiap kekalahan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar